Selasa, 01 Januari 2013

KANDANG TOKEK


KANDANG TOKEK

Walaupun tokek merupakan reptil yang tergolong mudah dirawat, ada baiknya jika Anda membuat habitat yang mendukung dan nyaman bagi mereka tokek-tokek Anda. Kandang tokek yang baik, harus memenuhi prasyarat sesuai dengan habitat alami tokek jika Anda ingin menjaga kesehatan secara keseluruhan agar tokek tidak mudah stres dan cepat besar.
Model-model kandang berikut akan membantu Anda dalam memilih rumah bagi tokek Anda.





Kandang seperti di atas, didesain dengan ukuran yang cukup luas untuk menunjang pertumbuhan panjang tokek dan berat badannya. Ukuran kandang yang luas memungkinkan tokek untuk lebih banyak aktivitas, sehingga menunjang pertumbuhan fisik tokek itu sendiri. Sangat cocok untuk membesarkan tokek dari ukuran bibit.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Tak jauh beda dengan fungsi kandang sebelumnya, kandang ini juga dibuat tertutup agar tokek dapat tenang dan nyaman di dalamnya.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------




    Model kandang seperti ini efektif digunakan jika kita tidak memiliki tempat luas dan sepi. Kandangnya cukup tertutup, sehingga tokek tidak merasa terganggu jika banyak orang hilir mudik disekitarnya. Kandang ini menjadi lebih efektif lagi jika tokek yang ingin dibesarkan telah mencapai panjang yang ideal, sehingga cepat dalam menaikkan berat badan tokek, karena kandang model ini didisain agar tokek tidak banyak aktifitas, yang membuatnya cepat bertambah berat badannya. Maka dari itu, jika ingin menaikkan bobot tokek, sebaiknya perhatikan dulu ukuran panjang ideal tokek, baru genjot pertumbuhan bobotnya. Untuk memperpanjang ukuran tokek, model kandang di bawah ini bisa jadi solusinya,








     Berbeda lagi dengan kandang sebelumnya, model kandang ini bersifat kebalikannya, yaitu membuat tokek banyak beraktifitas. Papan-papan kayu dan kotak shelter selain berfungsi sebagai tempat bernaung tokek, juga berfungsi sebagai tempat tokek bermain, terlebih saat makanan tokek, yaitu jangkrik-yang kita masukkan akan membuat tokek bergelompatan dari sana kemari. Hal ini sangat menunjang pertambahan panjang dari tokek itu sendiri. 
Namun, ini hanya versi minimalis yang terilhami dari versi awalnya, yakni seperti model rumah tokek di bawah ini,


 
 





     Model - model rumah tokek ini bisa dibilang sebagai surganya tokek. Karena selain sudah selayaknya habitat alami tokek yang luas dan lapang, makanan tokek pun juga selalu tersedia. Bahagialah bagi tokek yang berkesempatan besar di tempat seperti ini.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------














     Nah, untuk kandang versi ini, merupakan kandang sederhana untuk merawat dan membesarkan tokek. Sertakan box atau kotak kardus untuk ditempel di dalamnya sebagai tempat bernaung tokek. Sangat simpel, namun cukup efektif dalam menjaga keberlangsungan hidup tokek.

     Nah, unt

uk kandang versi ini, merupakan kandang sederhana untuk merawat dan membesarkan tokek. Sertakan box atau kotak kardus untuk ditempel di dalamnya sebagai tempat bernaung tokek. Sangat simpel, namun cukup efektif dalam menjaga keberlangsungan hidup tokek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar